Tugas_Manajemen Umum_IMAM SAFI'I
NIM : 11410100083
Dosen :Bu Tri Sagirani
Dosen :Bu Tri Sagirani
Apa itu Manajemen?
Manajeman adalah Suatu usaha merencanakan/planning, meng-organisir/organizing, mengarahkan/actuing, mengkoordinir dan mengawasi/controlling, kegiatan dalam suatu organisasi agar tujuan organisasi tercapai secara efektif & efisien (Reksohadiprojo)
Manajemen adalah Suatu proses pencapaian tujuan organisasi lewat usaha orang lain (Miftah Thoha)
Dari pengertian di atas maka dapat disimpulkan bahwa Manajemen itu :
1. Melalui Usaha Orang lain
2. Memiliki Tujuan - tercapai secara efektif & efisien
3. Adanya Planning,Organizing, Actuing, Controlling (POAC)
Apa itu sistem informasi?
Sistem Informasi adalah kombinasi antar prosedur kerja, informasi, orang, dan teknologi informasi yang diorganisasikan untuk mencapai tujuan dalam sebuah organisasi (Alter,1992)
1. Melalui Usaha Orang lain
2. Memiliki Tujuan - tercapai secara efektif & efisien
3. Adanya Planning,Organizing, Actuing, Controlling (POAC)
Apa itu sistem informasi?
Sistem Informasi adalah kombinasi antar prosedur kerja, informasi, orang, dan teknologi informasi yang diorganisasikan untuk mencapai tujuan dalam sebuah organisasi (Alter,1992)
Sistem informasi adalah kerangka kerja yang mengkoordinasikan sumberdaya (manusia, komputer) untuk
mengubah masukan (input) menjadi keluaran (informasi), guna mencapai sasaran-sasaran
perusahaan(Wilkinson,1992)
Dari dua pengertian di atas dapat di simpulkan bahwa :
1. Sistem informasi memiliki sumberdaya yaitu manusia dan T.I yang diorganisasikan untuk mencapai tujuan
2. Fungsi Manajemen : agar tercapainya tujuan sacara efisiensi dan efektifitas
Dari 2 hal tersebutm, Manajeman di perlukan dalam bidang informasi untuk mengkoordinir/membantu sebuah
sistem informasi mengelolah sumberdaya nya baik itu manusia, informasi maupun T.I untuk mencapai tujuan
dalam sebuah organisasi.
Manajemen dalam sistem informasi disebut sistem informasi manajemen.
Sistem informasi manajemen adalah sebuah sistem informasi yang melakukan semua pengolahan transaksi yang dibutuhkan serta memberikan dukungan informasi dan pengolahan untuk fungsi-fungsi manajemen dan pengambilan keputusan.
Manfaat penggunaan manajemen dalam sistem informasi :
a. Sebagai Pembantu Dalam Pengambilan Keputusan
b. Sebagai Pendukung Fungsi Perencanaan dan Pengendalian.
c. Sebagai Penentuan Program Kerja.
Penjelasan diatas menjelaskan tentang pentingnya manajemen dalam bidang sistem informasi.
Profesi di bidang SI
1. Sistem informasi memiliki sumberdaya yaitu manusia dan T.I yang diorganisasikan untuk mencapai tujuan
2. Fungsi Manajemen : agar tercapainya tujuan sacara efisiensi dan efektifitas
Dari 2 hal tersebutm, Manajeman di perlukan dalam bidang informasi untuk mengkoordinir/membantu sebuah
sistem informasi mengelolah sumberdaya nya baik itu manusia, informasi maupun T.I untuk mencapai tujuan
dalam sebuah organisasi.
Hubungan Manajemen dengan Sistem informasi pada lingkungan sosioteknologi
Manajemen dalam sistem informasi disebut sistem informasi manajemen.
Sistem informasi manajemen adalah sebuah sistem informasi yang melakukan semua pengolahan transaksi yang dibutuhkan serta memberikan dukungan informasi dan pengolahan untuk fungsi-fungsi manajemen dan pengambilan keputusan.
Manfaat penggunaan manajemen dalam sistem informasi :
a. Sebagai Pembantu Dalam Pengambilan Keputusan
b. Sebagai Pendukung Fungsi Perencanaan dan Pengendalian.
c. Sebagai Penentuan Program Kerja.
Penjelasan diatas menjelaskan tentang pentingnya manajemen dalam bidang sistem informasi.
Profesi di bidang SI
- Analis Sistem
- Desainer Sistem
- Pemrogram Aplikasi
- Analis Pemrogram
- Pemrogram Sistem
- Administrator Basis Data
- Auditor PDE
- Spesialis Komunikasi Data
- Teknisi Perawatan Sistem
- Webmaster
- Networking
Dari semua profesi di atas, dalam dunia kerja mereka harus bisa berkerja sama karena dalam pembuatan
sebuah sistem informasi dalam sebuah perusahaan dibuat secara bersama dengan pembagian tugas sesuai
keahlian masing-masing. untuk itulah manajemen sangat di butuhkan disini.
contohnya : manajemen kerja
Dalam software development life cycle model Incremental
Ada yang bekerja dalam bagian analysis, design, code dan test. Misalnya kita bekerja dalam bagian analysis maka kita harus bisa memanajeman tugas kita sendiri sehingga tidak mengganggu kerja yang lainnya juga, karena satu sama lain sangat saling terkait.jika analysis tidak selesai dalam jangka waktu yang telah di tentukan, maka design pun juga akan terhambat begitu juga bagian lainnya. untuk itulah manajemen sangat diperlukan dalam profesi di bidang sistem informasi. karena jika kita tidak bisa memanajemen diri kita dalam bekerja maka akan menggangu kinerja yang lain juga.
0 komentar:
Posting Komentar